Rabu, 02 Oktober 2013

Menulis Opini Tentang Budaya



Apa yang ada dalam benak pikiran kita jika mendengar kata “ Indonesia Negara Kepulauan?” Secara otomatis langsung muncul bahwa Negara kita Indonesia adalah Negara kepulauan yang memiliki ribuan pulau. Indonesia memiliki sekitar 17.000 pulau. Setiap pulau memiliki keadaan geografis yang berbeda-beda. Sehingga, usaha untuk pemenuhan kebutuhan pun tidak sama pada setiap pulau. Bangsa kita memiliki kurang lebih 742 bahasa daerah, 33 pakaian adat dan ratusan tarian adat. Tidak dapat dipungkiri jika kekayaan kebudayaan kita memiliki daya tarik bagi wisatawan asing.

Bebicara soal kebudayaan Indonesia yang diklaim oleh saudara serumpun kita, yakni Malaysia. Memang sudah berkali-kali kebudayaan kita telah diklaim oleh Malaysia, seperti beberapa motif batik, alat musik traditional angklung, dan lagu daerah Rasa Sayange, Reog Ponorogo dan yang masih hangat dalam berita akhir-akhir ini dan hampir kita kecolongan adalah tari pendet dari Bali. Dan yang paling menyedihkan, bukan hanya diklaim saja, tapi sudah ada yang dipatenkan. Permasalahan pencurian kebudayaan bukanlah perkara yang mudah, buktinya pemerintah tak kunjung juga dapat menyelesaikan permasalahan budaya lainnya. Karena tak dapat dipungkiri untuk mematenkan suatu kebudayaan diperlukan dana yang sangat besar. Namun kebudayaan adalah aset yang sangat berharga yang di wariskan oleh nenek moyang kita. Apa kita mau kehilangan semua itu?

Masyarakat Indonesia berbondong-bondong mengecam hal tersebut dengan berbagai macam cara, mulai dari demo-demo kepada Malaysia dan pemerintah Indonesia. Memang hal itu juga wajib dilakukan sebagai bentuk nasionalisme kita dalam rangka menjaga asset-aset bangsa ini. Yang menjadi masalah sekarang adalah, kenapa masyarakat kita baru beramai-ramai mengecam hal itu setelah terjadinya peng’Klaim’an oleh pihak Malaysia?!. Seandainya pencurian budaya ini dibiarkan saja dan tidak ditangani secara serius, bisa jadi lama-kelamaan asset kita satu persatu diambil oleh Malaysia dan bisa jadi oleh pihak-pihak lain. 

Untuk melindungi kekayaan budaya kita dan mengantisipasi hal-hal seperti itu terjadi lagi, mungkin bisa dilakukan kebijakan-kebijakan tertentu oleh pemerintah , seperti UU lebih diperjelas dan diperketat, membuat arsip-arsip semacam dokumen-dokumen, yang lebih detail. Bukan hanya promosi kebudayaan Indonesia di luar negeri saja yang digalakkan untuk tujuan pariwisata. Harus lebih diseimbangkan, karena itu juga budaya kita, milik kita, milik bangsa Indonesia dan juga sebagai bukti kepada dunia Internasional bahwa ini Lho, kebudayaan Indonesia!!.

Dengan demikian, Indonesia sudah siap jika sewaktu-waktu ada pihak luar mencoba meng’klaim’nya milik kita karena kita sudah punya bukti yang kuat. Memang Indonesia dan Malaysia adalah Negara satu rumpun. Memamg sekilas nampak ada kemiripan dalam berbagai bidang, tetapi dalam hal kebudayaan ,pasti mempunyai perbedaan. Sebagai contoh, yang paling dekat saja, batik di Jogja berbeda dengan batik di Solo. Jadi yang letaknya dekat, satu Negara, memiliki perbedaan, apalagi yang berbeda Negara. Menurut Kuntowijoyo, kebudayaan mempunyai tiga wujud, yaitu ; yang pertama, masih berupa ide-ide. Maksudnya masih terdapat dalam alam pikiran manusia itu sendiri dan sifatnya abstrak. Yang kedua, adalah berupa aktivitas. Maksudnya adalah terdiri dari aktivitas manusia yang saling berinteraksi antara satu dengan yang lain dalam waktu yang terus bergulir dan sesuai dengan tatanan adat kelakuan. Dan wujud yang ketiga adalah berupa hasil karya. Maksudnya adalah kebudayaan fisik/ hasil fisik dari seluruh perbuatan aktivitas dan karya semua masyarakat dan bersifat paling konkret. Wujud yang terakhir ini adalah yang selama ini kita perdebatkan dan kita pertahankan dari usaha “pencurian” dari pihak luar, khususnya Malaysia. 

Disini saya tidak mencari mana yang salah dan mana yang benar. Ini kembali ke masyarakat Indonesia, khususnya diri kita masing-masing. Alangkah baiknya kita mau mempelajari /mengkaji secara langsung tentang kekayaan budaya bangsa ini, mulai dari tari-tarian, lagu, bahasa dll. Tetapi seandainya dibuat polling, pasti ada sebagian dari kita enggan bahkan tidak tertarik dengan budayanya sendiri. Sebagian besar generasi muda Indonesia lebih tertarik pada kebudayaan luar. Misalnya saja, dalam hal musik. Peminat musik modern (pop, rock, jazz, metal, R&B) jauh lebih banyak dibandingkan dengan peminat musik tradisional. Di televisi kita dapat dengan mudah melihat sinetron dan film adopsi budaya barat dan apa yang dtampilkan di televisi tersbeut lebih kita sukai ketimbang ketoprak, ludruk, wayang yang saat ini keberadaan kesenian-kesenian itu jarang kita temukan. 

Orang asing, khususnya orang Eropa, Amerika dll, mereka sangat tertarik dengan keanekaragaman budaya kita, bahkan meraka ikut terjun langsung untuk mempelajari budaya Indonesia. Contohnya, para orang-orang “Bule” itu belajar tari-tarian, belajar memainkan alat-alat music, dsb. Bisa jadi besok waktu yang akan datang, banyak orang-orang luar Indonesia mahir memainkan tari-tarian kita, mahir menyayikan lagu-lagu daerah kita (tembang-tembang) dan lincah memainkan alat music tradisional milik kita, sedangkan kita hanya bisa melihat tercengang sambil bertepuk tangan. Ini disebabkan dari kurang minatnya kita mempelajari budaya kita, ataukah peran dari pemerintah yang tidak secara tegas menggalakkan pelestarian budaya karena sudah terggerus dengan kebudayaan luar, percampuran budaya. Globalisasi dsb. Sehingga masyarakat kita nampaknya tidak mengetahui, bahwa sesungguhnya bangsa ini adalah bangsa yang kaya dengan budaya. Sekarang sebagai contoh yang sederhana saja, bila kita bertanya pada anak-anak kecil, siapa itu gatot kaca? Ataukah siapakah ande-ande lumut atau malin kundang ??sebagian dari mereka pasti ada yang hanya bengong dan tak mengerti apa yang kita maksud, seolah pertanyaan yang tidak ada jawabannya. Tetapi berbeda jika kita bertanya pada anak-anak tersebut, siapakah itu NARUTO?? Pasti mereka akan sanga detail sekali menjelaskan kepada kita. 

Tetapi ada cara lain yang bisa juga dilakukan oleh kita, yaitu bukan mempelajari budaya-budaya yang ada di negeri ini secara langsung, tetapi kita hanya cukup mengerti dan menginterpretasikan tentang kekayaan negeri ini khususnya dalam budaya. Kita hanya cukup mengerti, dari mana? bagaimana? Seperti apa? Macam-macam budaya kita. Sebagian dari kita mungkin ada yang tidak tahu-menahu tentang hal ini. Contohnya bila kita bertanya atau ditanya, dari mana tari serimpi, tari serampang 12 berasal? Atau lagu oh inani keke, tokecang, bubuy bulan berasal , dan lain sebagainya. Masih banyak sekali kesenian-kesenian negeri ini yang belum terekspose oleh public. Jadi kesimpulannya adalah bagaimana cara supaya kita mengerti, dan bagaimana cara supaya kita merasa bangga dengan kekayaan budaya negeri ini. Bukan hanya hujatan saja yang keluar saat milik kita (budaya) diklaim oleh pihak lain. Mungkin bisa dikatakan kita benar-benar kecewa dan marah atas kejadian ini ataukah kita hanya ikut-ikutan terbawa arus opini public dan tidak tahu akar masalahnya karena sebagian dari kita senang menghujat??!! Masyarakat yang belum begitu bangga dan menghargai karya seni dari bangsa ini. Budaya harus dipertahankan, karena budaya merupakan identitas bangsa. Kalau kita tidak mengenali identitas diri sendiri, kita bagai orang hilang yang berada di tengah-tengah keramaian, karena mengenal diri sendiri, berarti kita mengenal potensi dari diri kita khususnya Indonesia. Agar masalah pencurian kebudayaan tidak terulang lagi, kita harus benar-benar menjaga, melestarikan dan menanamkan rasa cinta terhadap kebudayaan dari generasi ke generasi. Selain itu, kita juga harus menghargai para seniman yang bersusah payah untuk mempertahankan kebudayaan kita. Tunjukan bahwa kita bangsa yang besar, bukankah “Bangsa yang besar adalah bangsa yang dapat menghargai kebudayaanya sendiri. Dengan harapan, kedepan, sejarah pencurian budaya tidak terulang lagi ! amin

Jayalah bangsaku . masyarakat adil, makmur, tentram, dan berbudaya . basmi korupsi yang merugikan Negara dan terutama rakyat. . MERDEKA dari segala bentuk penjajahan . .penjajahan di bidang EKONOMI yang membunuh kita perlahan lahan . memang Negara kita sudah merdeka secara hukum (statusnya) tapi kita sedang mendapat ancaman yang sungguh mengerikan . para koorpotokrat baik asing maupun dalam negeri, hati-hati dengan mereka . tinjau ulang perjanjian-perjanjian dengan AS dan sekutunya . perjanjian yang sungguh menjerat . .yang mereka kejar hanyalah profit, profit dan profit . .hidup mereka didedikasikan untuk UANG dan kekuasaan . .mari kita tingkatkan NASIONALISME kita dalam segala bidang!! . sekali lagi . .jayalah bangsaku . .AMIN

Minggu, 29 September 2013

Hubungan Soft Skills dengan Jurusan Sistem Komputer



Hubungan Soft Skills dengan Jurusan Sistem Komputer
            
             Sebelum saya menjelaskan hubungan soft skill dengan jurusan saya,pertama-tama saya akan menjelaskan apa itu soft skill. Soft skill adalah suatu kemampuan di luar kemampuan teknis dan akademis. Soft skill itu sendiri adalah merupakan instilah sosiologis yang tertuju pada sekumpulan karakter kepribadian, daya Tarik sikap, Gaya bahasa dll.
Manfaat soft skill :
1.  sebagai atribut kualitas jasa
2. dapat bersifat mandiri
3. softskill dapat membangun karakter
4. membangun kepribadian yang berkualitas
5. menumbuhkan rasa percaya diri
6. dapat bersosialisai dalam team
7. menumbuhkan kepekaan wawasan pemikiran dan kepribadian kita
8. juga dapat membentuk jiwa yang kritis di dalam diri kita

            Di dalam jurusan saya ini soft skill sangat berperan penting,apa lagi saat semester 3. Di sini kami akan membuat alat saat praktikum Elektronika Dasar,dan itu sangat membutuhkan kerja sama kelompok. Apabila 1 kelompok ada 3 orng,2 orng buat alat dan yang satu nya lagi membuat makalah,agar makalah dan alat cepat kelar. Dan soft skill ini juga sangat berguna untuk berbicara di depan orang banyak. Karena jika alat yang telah kita buat sudah selesai,kita akan di suruh untuk mempresentasikan alat tersebut. Di sini lah penting nya soft skill buat jurusan saya,seperti yang saya tulis di atas manfaat soft skill nomor 5,di situ ditulis menumbuhkan rasa percaya diri. Kalo kita tidak percaya diri dalam mempresentasikan alat kita itu,maka kita akan terbata-bata dalam berbicara dan menjawab pertanyaan dari Asst Lab. Dari pengalaman saya yang sudah semester 5 ini,itulah penting nya soft skill untuk jurusan Sistem Komputer.

Sumber:

Jumat, 14 Juni 2013

FLOWCHART MEMASAK MIE INSTAN





Algoritmanya:
a. Rebus air hingga mendidih.
b. Masukkan mie instan.
c. Tunggu beberapa menit hingga mie terlihat matang.
d. Jika mie sudah dirasa matang, angkat dan tiriskan.
e. Campurkan bumbu-bumbu, dan aduk hingga rata.

Perbedaan GUI dan CLI



GUI adalah suatu media virtual yang dapat membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada komputer tanpa mengetik perintah tersebut, namun menggunakan gambar yang tersedia. Pengguna tidak mengetikkan perintah seperti pada komputer dengan Shell atau teks. Dengan GUI, perintah dapat dikonversi menjadi ikon dalam layar monitor yang dapat diklik untuk memulai fungsinya..
Jadi, GUI merupakan antarmuka pada sistem operasi komputer yang menggunakan menu grafis. Menu grafis ini maksudnya terdapat tampilan yang lebih ditekankan untuk membuat sistem operasi yang user-friendly agar para pengguna lebih nyaman menggunakan komputer. Menu grafis itu ya seperti ada grafis-grafis atau gambar-gambar dan tampilan yang tujuannya untuk memudahkan para pengguna menggunakan sistem operasi.




gambar : windows7 

Contoh sistem operasi yang menggunakan GUI adalah windows xp,vista,7,8,linux
CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.




gambar : CLI pada CMD

Contoh sistem operasi yang menggunakan CLI adalah Ubuntu Server dan Windows Server 2008,DOS.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa GUI dan CLI merupakan tampilan antarmuka yang digunakan sesuai kebutuhan para penggunanya. Pada GUI menggunakan mode grafis, dan pada CLI menggunakan mode baris perintah atau text.

Jumat, 22 Maret 2013

Interaksi Manusia Dan Komputer

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
Pengenalan
Bagaimanapun interaksi antara manusia dengan komputer pasti akan selalu ada. Hal ini terjadi dikarenakan komputer itu sendiri merupakan bagian dari suatu ciptaan manusia. Menurut saya ilmu merupakan hal yang perlu dimiliki oleh semua orang, baik dari anak kecil sampai orang dewasa karena ilmu kita ibaratkan sebagai mata dalam kehidupan.
Bidang ilmu interaksi manusia dan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendesain, mengevaluasi, dan mengimplementasikan sistem komputer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Interaksi manusia dan komputer merupakan suatu aktivitas yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa komputer terdiri dari tiga aspek utama, yaitu perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), pengguna (Brainware). Dari ketiga aspek tersebut tentunya tidak akan bisa kita pisahkan, sebab komputer tidak akan bisa di operasikan jika salah satu diantara ketiga aspek tersebut tidak ada. Bagaikan sebuah kendaraan, jika tidak ada driver atau sopirnya tentu kendaraan tersebut tidak akan bisa berjalan dengan sendirinya, begitu pula dengan komputer jika tidak ada pengguna (User) maka secara teknis komputer tersebut tidak akan bisa beroperasi dengan sendirinya.
Interaksi manusia dan komputer atau dalam bahasa Inggrisnya Human-Computer Interaction dan biasa disingkat dengan HCI adalah ilmu yang mengkaji tentang komunikasi atau interaksi di antara pengguna dengan sistem. Sistem yang dimaksudkan di sini tidak hanya kepada sistem-sistem yang ada di komputer saja, tetapi produk-produk apa saja yang digunakan oleh pengguna (User) seperti kendaraan, peralatan kantor, peralatan pejabat, peralatan rumah dan sebagainya. Peranan utama Human Computer Interaction HCI adalah untuk menghasilkan sebuah sistem yang serba guna (usable), selamat, nyaman, berkesan dan efektif.
Komputer melibatkan tiga komponen yaitu Pengguna, Interaksi dan Sistem yang ada di komputer itu sendiri. Jadi yang menjadi sasaran utama pada IMK atau HCI adalah terciptanya suatu keramahan terhadap pengguna (user friendly). Maka dengan adanya suatu interaksi yang nyaman antara pengguna dan sistem, berarti sistem komputer tersebut telah mampu menciptakan suatu keramahan, mudah digunakan, memberikan kepuasan kepada pengguna, enak dipelajari dan masih banyak manfaat yang lainnya.
Antar Muka Manusia dan Komputer
Salah satu kajian terpenting dalam bidang IMK atau HCI adalah antarmuka pengguna. Antarmuka pengguna merupakan bagian sistem yang akan dikendalikan oleh pengguna, untuk mencapai dan melaksanakan fungsi-fungsi suatu sistem. Ia juga dianggap sebagai jumlah keseluruhan keputusan reka bentuk. Antarmuka juga secara tidak langsung, menunjukkan kepada pengguna tentang bagaimana fungsi sistem. Dengan kata lain, antarmuka bagi suatu sistem menggabungkan elemen-elemen daripada sistem, elemen-elemen daripada pengguna dan juga kaedah komunikasi atau interaksi di antara kedua-duanya. Pengguna hanya boleh berinteraksi dengan produk tersebut melalui antarmuka pengguna.
Seperti yang kita ketahui bahwa prinsip kerja pada sebuah sistem komputer yaitu masukan, proses, dan keluaran.
Ø Input Unit/Masukan: Yaitu bagian yang menerima dan memasukkan data dan instruksi.
Ø CPU/Proses: Yaitu bagian yang melaksanakan dan mengatur intsruksi, termasuk menghitung dan membandingkan.
Ø Memory: Yaitu bagian yang berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi.
Ø Output Unit/Keluaran: Yaitu bagian yang berfungsi mengeluarkan hasil proses.
Ketika kita bekerja pada sebuah sistem komputer, secara tidak sadar bahwa kita sedang berinteraksi dengan komputer tersebut. Begitu pun dengan komputer itu sendiri juga melakukan interaksi terhadap kita. Tetapi komputer baru akan berinteraksi ketika kita memberikan instruksi atau memasukkan data terhadap komputer tersebut. Dan sebaliknya komputer tidak akan berinteraksi jika kita tidak memberikan instruksi atau memasukkan data.
Nah, ketika komputer melakukan sebuah interaksi, kita tidak tahu bagaimana komputer tersebut mengubah data atau instruksi yang kita masukkan, karena pada hakekatnya mesin pada komputer hanya mengenal dua angka atau bilangan yaitu nol dan satu. Namun ada beberapa bahasa yang digunakan oleh para programmer untuk memudahkan mereka dalam membuat aplikasi, misalnya bahasa C, C++, Fortran, Pascal, Cobol, Basic, Algol dan masih banyak bahasa yang lainnya. Proses pengubahan data pada mesin komputer ini penulis tidak akan jelaskan, karena akan dibahas pada mata kuliah yang lain, dan kebetulan penulis sendiri belum terlalu mengerti. Jadi, daripada setengah-setengah penulis tidak perlu jelaskan.
Jadi, dengan adanya pengeluaran atau output tadi kita akan baru tahu bahwa komputer yang kita operasikan telah melakukan interaksi terhadap kita. Interaksi yang dilakukan oleh komputer dapat berupa tampilan pada layar monitor, suara, dan lain sebagainya.
Manusia dan Monitor
Media output untuk menampilkan/memperlihatkan informasisehingga dapat dibaca dan diketahui oleh manusia. Monitor atau dengan istilah lain disebut VDU (Video Display Unit), merupakan salah satu bagian terpenting dari suatu unit komputer. Bagian monitor inilah yang paling sering kita pandang bila kita memakai komputer. Fungsi monitor adalah memperagakan data atu proses yang terjadi dalam CPU secara visual. Proses yang terjadi dalam CPU (Central Processing Unit) dikonversikan oleh suatu “ Adapter Vide / Video board “ dari data yang digital menjadi sinyal yang akan disalurkan melalui kabel penghubung ke monitor.
Monitor yang memakai sistem CRT (Cathode Ray tube) bekerja dengan cara
memancarkan elektron-elektron . Elektron-elektron ini menyapu layar dari kiri ke kanan dengan jalur-jalur dari atas ke bawah dalam pola yang disebut “raster” CRT atau yang lebih umum disebut Tabung Sinar Katoda merupakan tabung pembungkus yang dibuat dari kaca dan mengandung satu susunan penembak elektron dan mengeluarkan berkas-berkas elektron yang diarahkan pada layar fluoresen. Bila berkas tersebut terkena cahaya, maka layar mengeluarkan sinardengan gelombang yang lebih panjang. Pancaran – pancaran elektron ini menimbulkan cahaya yang terang. Bergantung intensitas pancaran elektron tadi. Cahaya ini sangat cepat menghilang. Untuk itu pancaran elektron harus tetap menyapu layar secara teratur untuk mempertahankan banyangan yang terjadi. Ini biasa disebut penyegaran ulang atau “refresh’ layar. Monitro umumnya memiliki laju penyegaran (vertical scan rate) 60 hertz, yang maksudnya layar disegarkan kembali sebanyak 60 kali per detik. Jika laju penyegaran rendah, maka akan mengakibatkan layar tampak berkedip-kedip. Hal ini akan cepat melelahkan mata kita, maka sebaliknya kita memakai monitor dengan “vertical scan rate” 70 hertz ke atas sudah cukup baik untuk digunakan.
Monitor komputer menghasilkan beberapa jenis radiasi, yang kesemuannya tidak dapat diinderai oleh panca indera kita. Adapun gelombang-gelombang dan radiasi yang dihasilkan oleh sebuah monitor diantaranya :
(1) Sinar – X
(2) Sinar Ultraviolet
(3) Gelombang Mikro
(4) Radiasi elektromagnetik frekuensi sangat rendah
(5) Radiasi elektromagnetik frekuensi amat sangat rendah
Efek Radiasi Monitor CRT ( tabung ) Terhadap Kesehatan
Gangguan kesehatan yang dicurigai disebabkan oleh radiasi VDU, antara lain:
1 . Kelelahan Mata, Sakit Kepala, Sakit Leher, dan Sakit Bahu.
2 .Dermatitis
Faktor Manusia
Menurut pengetahuan penulis, faktor manusia hanya meliputi tiga aspek. Namun penulis yakin bahwa faktor manusia lebih dari tiga aspek atau bahkan mungkin kurang dari tiga aspek. Nah, Ketiga aspek yang penulis tahu itu adalah sebagai berikut :
1. Aspek Penglihatan
Aspek penglihatan pada manusia tentu kaitannya dengan mata, dimana mata sendiri memiliki fungsi yang sangat penting pada seorang manusia yaitu untuk melihat. Mungkin tanpa mata kita akan terasa sulit menikmati keindahan alam yang telah di anugerahkan oleh Yang Maha Kuasa. Sebab menurut buku yang penulis baca, beberapa ahli mengatakan bahwa fungsi utama mata manusia digunakan untuk menghasilkan persepsi yang terorganizir akan gerakan, ukuran, bentuk, jarak, posisi, tekstur, warna yang mana semua itu merupakan obyek tiga dimensi. Jadi, dalam dunia nyata mata manusia selalu digunakan untuk melihat obyek tiga dimensi.
Sedangkan pada komputer, yang mana komputer sendiri menggunakan layar dua dimensi, mata kita dituntut untuk bisa membaca obyek yang ada pada tampilan monitor yang sebenarnya berupa obyek dua dimensi.
Selain itu, cahaya yang dihasilkan oleh layar monitor juga sangat berpengaruh terhadap penglihatan kita. Mungkin ketika kita akan bekerja pada sebuah program komputer, ada baiknya terlebih dahulu kita mengatur kontras atau jumlah cahaya yang dihasilkan oleh monitor. Supaya tercipta suatu kenyamanan pada saat kita bekerja. Sebab mata atau penglihatan manusia berbeda-beda, ada yang suka dengan yang cerah-cerah, dan juga ada yang suka dengan yang gelap-gelap. Kesemua perbedaan tersebut sudah diatur dan disediakan pada menu yang ada pada monitor. Misalkan anda menyukai yang gelap-gelap, anda cukup menekan menu pada monitor, lalu pilih Brightness kemudian tambahkan atau kurangkan. Atau misalkan anda menyukai yang cerah-cerah seperti pada instruksi sebelumnya anda cukup menekan tombol menu, lalu pilih Kontras, kemudian anda tinggal menambah atau menguranginya.
2. Aspek Pendengaran
Aspek pendengaran tentu kaitannya dengan suara dan telinga kita. Telinga merupakan panca indra yang sangat penting setelah mata ketika bekerja kita pada sebuah mesin komputer, yang walaupun sekarang ini masih banyak aplikasi yang belum menggunakan media pendengaran. Namun seiring dengan perkembangan zaman, perkembangan teknologi juga akan terus berkembang dengan pesat.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa aspek pendengaran berkaitan dengan suara. Suara yang dimaksud disini yaitu suara yang dihasilkan dari komputer itu sendiri. Suara yang dihasilkan oleh komputer dapat melalui speaker, yang mana speaker ini juga sekaligus berfungsi sebagai alat output, yaitu alat pengeluaran suara.
3. Aspek Sentuhan
Aspek sentuhan tentu kaitannya dengan tangan kita. Sebab manusia menggunakan tangan mereka untuk memegang atau menyentuh suatu benda. Tapi itu bagi kita yang tidak meiliki cacat tangan, nah bagaimakah bagi orang-orang yang memiliki cacat tangan? Itu tergantung pada diri mereka sendiri yang memiliki cacat pada tangan. Ada yang memakai kaki, mulut dan lain sebagainya. Nah beruntung bagi kita yang memiliki tangan yang sempurna, kita dapat menyentuh apapun yang kita mau. Oleh karena itu kita harus mensyukuri nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita.
Nah, bagaimanakah aspek sentuhan pada komputer? Biasanya pada komputer aspek sentuhan digunakan pada penggunaan papan ketik yaitu tombol-tombol dan juga mouse.
Tombol-tombol pada papan ketik barangkali akan terasa nyaman apabila menimbulkan sensasi-sensasi sentuhan terhadap jari-jemari kita. Biasanya ini tergantung kualitas yang dimiliki oleh papan ketik itu sendiri. Ada yang sedikit saja kita tekan sudah menampilkan karakter yang kita inginkan, dan ada juga yang harus kita tekan dengan kuat sekali baru akan menampilkan karakter yang kita inginkan. Selain itu, posisi-posisi tombol yang ada pada papan ketik juga akan berpengaruh pada kenyamanan kerja kita. Sebab posisi tombol yang dimiliki oleh papan ketik bukan hanya satu posisi atau tata letak. Ada yang tata letaknya seperti Dvorak, Alphabetik, Qwerti, Klockenberg, dan lain sebagainya.
Kemudian sentuhan pada mouse barangkali juga akan terasa nyaman seperti menyentuh tombol pada papan ketik, yaitu apabila kita merasakan sensasi-sensasi sentuhan. Sebab setiap mouse juga memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang sedikit saja kita gerakkan, pointernya sudah melakukan perpindahan, dan juga sebaliknya ada yang harus kita gerakkan berkali-kali baru dia berinteraksi. Kemudian bagi anda yang mungkin memiliki kebiasaan memakai tangan kiri atau kidal sepertinya juga akan berpengaruh ketika anda memegang atau mengendalikan mouse. Tapi anda tidak perlu khawatir, anda cukup memindahkan mouse kesebelah kiri monitor. Sebab kebanyakan kita meletakkan mouse sebelah kanan monitor. Selalin itu juga anda dapat merubah fungsi tombol pada mouse. Cukup dengan membuka My Computer, pilih Control Panel, kemudian pilih mouse, nah anda tinggal memilih atau merubah fungsi tombol mouse.
Faktor Ergonomi
Faktor ergonomi atau faktor kenyamanan kerja secara umum kaitannya dengan keadaan lingkungan sekitar kita. Baik dari segi pencahayaan, kualitas udara sekitar tempat kita bekerja, gangguan suara atau bising, dan termasuk kesehatan badan kita juga sangat berpengaruh terhadap proses kerja kita pada sebuah sistem komputer
Bagi anda yang memang bekerja pada sebuah ruangan dan harus duduk terpaku pada ruangan tersebut, ditambah lagi dengan keadaan lingkungan sekitarnya tidak mendukung, misalnya ruangan yang anda tempati itu disamping rel Kereta Api, atau mungkin disamping sebuah pabrik padi, tentu dengan keadaan lingkungan seperti ini anda akan terasa sulit menemukan kenyamanan kerja. Karena lingkungan tempat anda bekerja itu menimbulkan suara yang keras dan tidak enak untuk didengar, yaitu ketika rel Kereta Api melintas atau mesin pabrik yang terus menyala. Dan tidak mungkin anda bisa menghindarinya. Karena memang anda mau tidak mau harus duduk pada ruangan tempat anda bekerja.
Tapi itu dari segi gangguan suara. Contoh yang lain misalnya dari segi pencahayaan. Bagi anda yang memiliki komputer pribadi dan memang anda menempatkannya didalam kamar anda sendiri, anda seringkali menempatkannya di depan jendela dengan alasan agar ketika anda bekerja anda bisa langsung menikmati pemandangan samping rumah anda tanpa harus keluar dulu untuk melihatnya. Sebaiknya posisi seperti ini anda hindari. Sebab ketika anda membuka jendela, jumlah cahaya yang langsung masuk kekamar anda dan otomatis mengenai komputer anda tidak terhitung jumlahnya. Nah, pada saat cahaya mengenai komputer anda, ini ada pengaruhnya pada perangkat-perangkat keras komputer anda. Misalkan salahsatu perangkat keras komputer anda tidak tahan dengan cahaya, tapi justru anda membiarkannya, ini akan berakibat fatal pada perangkat keras tersebut. Belum lagi apabila hujan turun pasti akan langsung mengenai komputer anda.
Suhu udara yang ada didalam kamar anda juga ada pengaruhnya pada perangkat-perangkat keras komputer anda. Tapi bagi anda yang mempunyai kamar ber-AC, maka anda akan muda mengatur suhu yang ada didalam kamar anda.
Inti daripada faktor ergonomi adalah adanya pengaruh lingkungan yang harus kita hindari dan harus kita sesuaikan dengan karakteristik pola kerja kita. Agar tercipta kenyamanan kerja yang sempurna dan tentunya tidak membuat kita bosan dalam berinteraksi dengan komputer.
Pengembangan Model dan Metode Pengukuran Beban Mental Pada Interaksi Manusia dan Komputer
Seringkali pada saat beraktivitas di depan komputer, dalam jangka waktu tertentu muncul keluhan dari pengguna komputer yang disebabkan oleh beban kerja yang dialami pengguna. Beban kerja yang dialami oleh pengguna komputer berupa beban kerja fisik dan mental. Munculnya beban kerja ini terutama dapat terlihat pada kecenderungan penurunan performansi kerja pengguna komputer setelah jangka waktu tertentu. Dalam tesis ini, penelitian lebih difokuskan pada beban mental pada interaksi manusia-komputer.
Untuk mengantisipasi dan mencari solusi dari munculnya beban mental ini, maka perlu dibentuk suatu model yang dapat menjelaskan terjadinya beban mental pada interaksi manusia – komputer. Berdasarkan studi literatur, faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya beban mental dan akhirnya membangun model yang dimaksud tersebut di atas adalah :
- kebutuhan mental
- kelelahan fisik
- kebosanan
- tingkat kesulitan kerja
- lingkungan fisik kerja
- kebutuhan waktu
Untuk memvalidasikan faktor-faktor tei z;ebut, maka disebarkan kuesioner kepada pengguna komputer untuk mencari kesepakatan responden mengenai faktor-faktor tersebut di atas. Reponden yang dipilih adalah mahasiswa, karma mahasiswa merupakan satu populasi pengguna komputer dengan frekuensi penggunaan komputer yang cukup tinggi.
Berdasarkan model yang terbentuk, dengan menggunakan eksperimen Stroop, dikembangkan suatu metode yang dapat mengkuantifikasikan besarnya beban mental yang dialami oleh pengguna komputer. Responden )ang diminta untuk melakukan eksperimen Stroop dipilih berdasarkan pengalaman menggunakan komputer dan kriteria buta warna, serta kapasitas VO2 maks. Setelah mengerjakan eksperimen Stroop, mereka diminta untuk memberikan bobot dan nilai untuk setiap faktor yang ada pada model. Respon yang diberikan oleh responden divalidasikan dengan beberapa kriteria fisiologis yaitu rata-rata denyut nadi, performansi kerja, dan konversi denyut nadi dalam konsumsi energi. Uji statistik memberikan hasil bahwa besarnya beban mental yang direspon oleh responden memiliki korelasi tinggi dengan konsumsi energi. Metode yang akhirnya terbentuk terbukti dapat mengkuantifikasikan besarnya beban mental pada 2 desain eksperimen Stroc?n yang berbeda (Stroop 1 dan 2) dengan tingkat kepentingan faktor yang berbeda sesuai dengan kondisi kerja, serta memberikan basil yang reievan dengan besarnya konsumsi energi responden.
PENUTUP
Kesimpulan :
Jadi dari seluruh perangkat yang kesemuanya telah dibahas,,,kita dapat mengetahui pentingnya kesehatan dalam menggunakan perangkat computer ,,karena kesehatan mahal harganya . Jadi semakin pintar kita dalam menggunakan perangkat computer , jangan sampai kesehatan kita malah menurun.
Karena IMK dapat mencakup ke berbagai disiplin ilmu atau keberbagai aspek ,,baik itu aspek sains maupun kesosialan ,,apalagi Dalam pekerjaan yang menggunakan computer maupun yang tidak menggunakan computer kita harus mencontoh aspek dalam ilmu perindustrian contohnya ,,,yaitu kita dalam membangun sebuah instansi yang bergerak di bidang industri ,apalagi industry tersebut menghasilkan limbah ,,kita harus mementingkan aspek kesehatan pada lingkungan sekitar, Sama halnya dengan bekerja menggunakn computer, kita harus mementingkan aspek kesehatannya juga.